Skip to content

Humour en Français

January 8, 2010
by

20 Juli 2007

Hari itu saya makan siang dengan kawan baru. Namanya Rachid. Tubuhnya ramping-menjulang 185 cm, berwajah Arab, programmer plus olahragawan, muslim by birth dan berbahasa Perancis fasih. Inggris-nya pun berdialek francais (dengan dengung di hidung).

Hidupnya menarik meski bukan seorang eksil: ayahnya imigran dari Maroko yang kemudian hidup di pinggiran Perancis. Rachid membenci kehidupan riset di Perancis karena terlampau elitist: privilege lulusan univ tertentu saja. Ia menyelesaikan S1 di Perancis dan S2 di Singapore; sempat jadi juara triathlon di NUS dan hobinya makan Laksa (mirip lontong sayur Padang). Meski nampak bervariasi, Rachid adalah orang yang senyap. Ia menikmati kesendirian tanpa mengeluh dan gundah.

Turun dari shuttle bus sehabis makan siang Rachid menceritakan sebuah humor. Humornya dalam bahasa Perancis. Judulnya “Pirate” alias bajak laut. Kami ketawa-tawa dan di lingkungan yang bahasa Perancis adalah bahasa alien.

Kemudian saya bercerita pada istri saya bahwa Rachid cerita humor dalam bahasa Perancis. Tentu saja (seperti diduga) pertanyaan dia: “Hah, iso boso Perancis ta awakmu????” Saya senyum-senyum saja, dan bilang “Hehe … pokoke mau kethok pinter boso Perancis!” Lumayanlah … tumben-tumben saya bisa mengerti humor yang benar-benar kocak dalam bahasa asing, terutama bahasa Perancis yang (katanya) seksi dan njlimet.

Mau tahu rahasianya bisa mengerti humor bahasa Perancis?

Mudah saja. Pertama saya ceritakan satu humor kepada Rachid. Ini sungguh bikin pusing kepala karena humor ini aslinya dalam bahasa Jawa (Suroboyoan). Dalam kepala, proses translasi mulai bekerja Jawa -> English. Dengan bantuan peragaan akhirnya kelucuan humor ini tersampaikan. Rachid terpingkal-pingkal karena tiga alasan: (1) kok ya ada orang gendheng diterima kerja di sini!, (2) kok ya ada humor khayal kayak gini!, (3) benar-benar kocak. Kedua, saya minta Rachid mengulang humor itu dalam bahasa Perancis. Cerita lucu biasanya mudah diingat, jadi dia dengan mudah menerjemahkannya dan saya kan sudah tahu urutannya. Jadi menebak dari gesture dia saja. Bahasa Perancis-nya gimana? Ya tetep null putull

Mudah kan?

Teman-teman pasti penasaran dengan humornya. Bagi non-pembahasa Jawa mohon minta kawan Jatim-nya untuk menerjemahkan. Ini saya berikan di sini:

Muntiyadi pethuk ambek Gempil koncone sing dines ndhik angkatan darat. Tibake Gempil iku saiki sikile sing kiwo yo dingklang pisan, ambek tangane sing tengen tibake yo tughel digenti cathoke bakul beras. Sing luwih nemen maneh, motone gempil kari sing kiwo. Moto sing tengen wis cumplung ditutupi kain ireng malih koyok bajak laut.

“Lho Mun, sikilmu opoko?” takok Gempil.
Mari ngono Muntiyadi cerito pengalamane kijolan sikile wong wedhok.
“Lha awakmu opoko kok mreteli pisan?” Muntiyadi genti takok nang Gempil .
“Pas aku patroli nang Aceh, sikilku ngincak granat, langsung puthul. Pas iku onoke sikile sapi, berhubung aku gak gelem, akhire yo ngene sikilku dhadhi mek sithok”.
“Waduh cik apese nasipmu, lha tanganmu opoko kok digenti cathoke beras?” takok Muntiyadi maneh.

“Mari sikilku tughel iku mau, aku dirawat ndhik barak. Moro-moro barakku dibom ambek mungsuh, kenek tanganku, langsung tughel. Pas iku onoke cathoke beras, timbangane gak onok blas, akhire aku gelem.” jarene Gempil maneh.
“Wah kayal thok kon iku, lha motomu opoko kok cumplung pisan? Kelilipengranat tah?” takok Muntiyadi maneh.

“Oo iku seje ceritone. Enak-enak cangkruk nyeritakno pengalamanku iku mau, moro-moro onok manuk nembeleki mripatku,” jare Gempil.
“Wah kon iku tambah ngawur thok ae, lha mosok ditembeleki manuk isok motone cumplung,” Muntiyadi mulai gak percoyo.

“Lho iku dhudhuk mergo tembelek manuk,” jare Gempil.
“Lho opoko?” takok Muntiyadi.
“Iku pas dino pertama aku nggawe cathok beras.”

***

Cheers dari Rachid

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: